Mar.14

Cara Menghitung Daya Powerbank Agar Bisa Dibawa Pesawat

Cara Menghitung Daya Powerbank Agar Bisa Dibawa Pesawat

Kementrian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 015 Tahun 2018 tentang Ketentuan Membawa Pengisi Baterai Portabel (Power Bank) dan Baterai Lithium Cadangan Pada Pesawat Udara. Dikeluarkannya Surat Edaran tersebut berkaitan dengan adanya potensi resiko bahaya meledak/kebakaran pada Power Bank atau Baterai Lithium cadangan, yang berdampak mengganggu keselamatan penerbangan.

Powerbank yang boleh dibawa hanya yang mempunyai daya per jam (watt-hour) tidak lebih dari 100 Wh. Sedangkan peralatan yang mempunyai daya per jam lebih dari 100 Wh (Wh < 100) tapi tidak lebih dari 160 Wh (100 ≤ Wh ≤ 160), harus mendapatkan persetujuan dari maskapai dan diperbolehkan untuk dibawa maksimal dua unit per penumpang.

Untuk peralatan yang mempunyai daya per jam lebih dari 160 Wh (Wh ≥ 160) atau besarnya daya per jam (watt-hour) tidak dapat diidentifikasi, maka peralatan tersebut dilarang dibawa ke pesawat udara. Untuk powerbank yang tidak mencantumkan keterangan jumlah Wh, maka perhitungan jumlah Wh dapat diperoleh dengan rumus:

Agar kita tetap bisa membawa powerbank saat naik pesawat, sebaiknya simak cara menghitung daya powerbank  masing-masing. Kemenhub menentukan suatu rumus yang harus diperhatikan oleh para penumpang jika akan bepergian dengan pesawat terbang.

Powerbank Dilarang Dibawa Naik Pesawat

Powerbank Dilarang Dibawa Naik Pesawat

Apabila jumlah tegangan/voltase (V) dan jumlah arus/kapasitas (Ah) diketahui maka perhitungan daya per jam (Wh) dapat dikalkulasikan dengan rumus :

E = V x I

E = daya per jam, satuannya adalah watt-hour (Wh)
V = tegangan, satuannya adalah volt (V)
I = arus, satuannya adalah ampere (Ah)

 

Apabila hanya diketahui miliampere (mAh) maka untuk mendapatkan ampere-hour (Ah) harus dibagi 1.000. Contohnya jika jumlah voltase 5 V dan jumlah kapasitas 6000 mAh, maka jumlah daya per jam adalah 6.000 mAh : 1000 = 6 Ah. Sedangkan daya perjamnya adalah 5 V x 6 Ah = 30 Wh.

Hal ini dilakukan oleh Kemenhub agar peristiwa powerbank yang terbakar di penerbangan China tidak terulang kembali. Jangan lupa ya, hitung daya powerbank atau bawaan kamu yang memiliki arus listrik.

Penerbangan
Share this Story:
  • facebook
  • twitter
  • gplus

About admin

Saya seorang teknisi elektronika bandara yang sering lupa. Tulisan di Blog ini sebagai catatan kecil untuk bisa mengingat.

Leave a comment